Rabu, 04 Mei 2011

bagaimana cara membagi partisi di linux

instalasi linux fedora core 6 .....
direktori are :
/bin
/boot
/dev
/etc
/home
/lib
/mnt dan lain2 nya
yg ingin saya tanyakan .......saya mencoba instalasi di vmware untuk latihan cara instalasi bermacam2 os .
1.bgm cara membagi2 direktori tersebut diatas
2.apakah didalam vmware harddisk yg saya gunakan di windows xp...tidak akan terformat lagi (seperti kejadian semula)
agar kejadian serupa tak terulang kembali yg mana saya memformat seluruh hd saya
regards
lukman abdul faqih
ym
lookman_vq

Partisi

Pembagian partisi dapat dilakukan saat menginstall Linux. Tentukan mount point dari masing-masing partisi. Untuk pengguna rumahan, menurut saya cukup dibagi menjadi 3 partisi untuk root (/), /home (untuk data), dan swap. Mount point lain akan menjadi satu dengan partisi untuk root (/)
Jika menggunakan software virtualisasi macam vmware atau Qemu, setahu saya tidak akan memformat HD. Yg difromat hanyalah image HD yg udah kita buat. Dengan demikian, kita dapt menjalankan satu OS di dalam OS yg lain secara bersamaan.

Bisa menggunakan Gparted ato Pmagic LiveCD

Booting lewat LiveCD, jalankan Gparted. Buat partisi yang kamu mau. Untuk latihan menginstall OS kamu bisa membuat disk image yg besar. 10 Gb misalnya. Dibagi menjadi:
500Mb Swap, 1,5 Ext2/3, 4x2Gb Ext2/3.
Untuk latihan kamu, swap dipakai bersama 5 OS, dengan instalasi standar. Setiap OS diinstall dgn direktory root masing-masing.
Atau bisa satu partisi disediakan untuk /home (hanya perlu diformat 1x, agar tidak kehilangan data (di disk image!)). Kalau pakai model satu /home untuk semua, user harus beda-beda agar tidak saling overwrite file konfigurasi.
Mudah-mudahan mengerti. Dan selamat mencoba.
Catatan: Installah OS LEGAL!
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
visit me at >>>
http://lombokmedia.web.id
http://belajar.lombokmedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar